Laporan Observasi Pengolahan Perak Kota Gede Yojyakarta


بسم الله الرحمن الرحيم


الحمدلله الواحد الاحد, الصّمد الّذي لم يلد ولم يولد
و لم يكن له كفوا احد,
اشهد ان لا اله الّا الله وحده لا شريك له وايّاك نعبد وايّاك نسجد
و اشهد انّ محمدا عبده ورسوله,المصطفالرشد
اللهم صلى وسلم على سيدنا محمد من سرّالحيات الوجود
وعلى الهوصحبهكالنّجم الرّشد
امّابعد

KATA PENGANTAR
SEKAPUR SIRIH PENYUSUN
Tiada kata yang patut kami ucapkan selain Alhamdulillah sebgai menifestasi rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan rhido-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Laporan Fieldtrip Pengolahan  Logam Perak” yang diajukan untuk memenuhi tugas terstruktur pada mata kuliah Kimia Dasar II. Sholawat serta salam kami panjatkan kepada Baginda Nabi kita, Nabi Muhammad SAW.
Dalam penyelesaian makalah ini kami menggunakan berbagai sumber yang kami peroleh dari buku-buku yang relevan yang kami cari , tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian makalah ini. Kami menyadari dengan segala keterbatasan kami, bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan penulisan makalah selanjutnya.
Kami penulis menyadari atas dasar segala keterbatasan dari apa yang disampaikan dalam bentuk bahasa maupun penjelasan yang jauh dari kata sempurna, kami sebagai penulis dengan segala kerendahan hati berharap kepada Allah SWT menolong kami untuk membukakan pintu maaf dari para pembaca khususnya para guru-guru kami yang sabar dan berjiwa besar di dalam membingbing kami dan di dalam proses untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi demi masa depan kami yang akan menanti untuk kami lalui.
Akhir kata, kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kimi maupun pembaca. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita, Amin.

Cirebon , 12 Mei 2015

         Penyusun


       1.Perak (Ag). 8
       2.Tembaga (Cu). 9
               i.Jenis Perak Bakar. 12

BAB I
PENDAHAULUAN

A.    Latar Belakang

Menurtu KH. Ahamd Mustofa Bisri Indonesia adalah negara paling kaya diantara negara-negara di dunia ini salah satu sebabnya karena perhiasan-perhiasan emas, perak, tembaga yang mereka pakai yang luar negeri sana itu semua berasal dari tambang di negeri kita, bahkan kita ketahui salah satu pertambangan emas  internasional yang ada di Indonesia adalah tambang PT. Prefot di Papua.
Setiap ditemukan di alam salah satu logam mulia dari emas sudah barang tentu pasti memiliki pengotor dari logam lain yang memiliki nilai ekonomis, salah satu diantaranya tiga logam mulia akan ditemukan di alam yang tidak bisa dipisahkan adalah emas dan pengotornya berupa perak dan tembaga.
Perak (Ag) dalam sistem periodik unsur terletak pada golongan IB. Unsur tersebut bernomor atom 47, termasuk logam yang berkarakter fisik keras dan unik di antara logam-logam lainnya. Unsur perak bersifat logam transisi ini berwarna putih mengkilap, dapat ditempa, sedikit lebih keras dari emas, konduktivitasnya paling tinggi diantara semua logam, tahan terhadap udara murni dan air, tetapi tidak tahan terhadap udara yang mengandung belerang (timbul bercak hitam, menjadi kusam), dan kurang reaktif dibandingkan dengan tembaga. Sifat-sifat fisik dan kimia tersebut menjadikan perak mudah diolahdan dibuat menjadi produk komersil seperti perhiasan berupa bros, cincin, dan liontin.
Namun sangat miris ketika kita mengetahui nyatanya di Indonesia ini logam-logam itu hanya mampu di exploitasi oleh negara asing, dan hanya memberi manfaat kecil secara finansial bagi pemilik tanah air ini karena minimnya tenaga ahli dalam bidang ini. Salah satu solusi yang dilakukan untuk ikut serta untuk menyiapkan kemampuan kita bersaing dengan negara asing adalah ikut mempelajari bagaimana teknik pengolahan logam perak yang dibuat oleh salah satu pabrik HS. Silver Kota Gede-Yogyakarta untuk memancing  nilai kreatifitasan kita dari pengrajin perak melalui observasi yang dilakukan dalam kegiatan Fieldtrip ini pada tanggal 10 April – 13 April 2015 dan menyusun laporan ini dengan rumusan masalah yang akan di susun di pembahasan selanjutnya.

B.    Rumusan Masalah

1.      Bagaimana sejarah berdirinya Home Industri HS. Silver di Kota Gede-Yogyakarta?
2.      Apa yang dimaksud dengan  logam yang mudah di tempa?
3.      Bagaimana mengenali karakteristik dari klasifikasi unsure logam perak dan tembaga untuk proses pembuatan kerajinan perak?
4.      Bagaimana pembuatan logam perak menjadi lebih kuat?
5.      Bagaimana pengolahan dalam pembuatan kerajinan perak?
6.      Bagaimana caranya memberikan efek warna pada perak?
7.      Bagaimana cara merawat perhiasan dari logam perak atau logam mulia lainnya?
8.      Bagaimana cara Penanganan Limbah Hasil Pengolahan Perak?

C.    Tujuan Penulis

1.      Penulis dan pembaca mampu mengetahui Sejarah adanya HS. Silver di Kota Gede-Yogyakarta.
2.      Penulis dan pembaca mampu  memahami konsep logam yang mudah ditempa?
3.      Penulis dan pembaca mampu  mengenali karakteristik dan klasifikasi dari logam perak dan tembaga.
4.      Penulis dan pembaca mampu memahami cara pembuatan perak supaya tidak terlalu lentur dan kuat.
5.      Penulis dan pembaca mampu mengetahui cara mengolah logam perak untuk dijadikan perhiasan atau kerajinan lainnya.
6.      Penulis dan pembaca mampu memaami prinsip pewarnaan perak agar terlihat lebih elegan dalam pembuatan perhiasan dari logam perak.
7.      Penulis dan pembaca mampu mengetahui cara perawatan perhiasan logam perak dan logam mulia lainnya.
8.      Penulis dan pembaca mampu penanganan Limbah sebagai Hasil Proses      Pengolahan Perak atau Tembaga.

BAB II
LAPORAN FIELDTRIP
PENGOLAHAN LOGAM PERAK DI HS SILVER

A.    Sejarah

Keberadaan pengrajin perak muncul seiring dengan lahirnya Mataram, juga tak luput dari peran Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) yang masuk ke Yogyakarta sekitar abad ke-16 silam. Waktu itu, banyak pedagang VOC yang memesan alat-alat rumah tangga dari emas, perak, tembaga, dan kuningan ke penduduk setempat. Semenjak memasuki wilayah Kotagede, para wisatawan sudah bisa menikmati berbagai kerajinan perak di galeri atau showroom dari yang besar seperti Tom Silver, HS Silver, sampai yang kecil-kecil di teras depan rumah penduduk dengan jenis dan harga yang beraneka ragam.
Kerajinan perak Kota Gede merupakan warisan luhur budaya turun temurun. Pada awalnya kerajinan kotagede berupa emas, perak dan tembaga. Namun seiring waktu, kerajinan peraklah yang paling diminati. Sehingga para pengrajin lebih banyak memilih untuk mengolah perak hingga sekarang.
HS Silver 800-925 terletak di Jalan Mondorakan, Kotagede, Yogyakarta. Kawasan ini terletak di sebelah Selatan Kota Yogyakarta, ±5 Km dari pusat kota. HS adalah singkatan dari Harto Soehardjo, sementara 800-925 merujuk kepada kandungan perak yang digunakan di tempat tersebut. Dari tempat tersebut, perak dihasilkan dan dijadikan souvenir bernilai tinggi.Industri keluarga ini merupakan satu di antara sekian kerajinan logam lainnya. Berdasarkan sejarah, kawasan Kota Gede dahulunya memang dikenal sebagai penghasil perhiasan atau perlengkapan dari logam sejak abad ke-16. Saat itu, pihak kerajaan meminta masyarakat setempat memproduksi perhiasan atau perlengkapan lainnya. Sultan Hamengku Buwono VIII disebut-sebut sangat terpikat dengan keindahan kerajinan logam ini dan meminta usaha tersebut diteruskan dan dikembangkan.
Keahlian turun-temurun itu terus terwariskan dari generasi ke generasi.Kerajian ini mengalami kejayaan pada pada tahun 1930-1940-an. Kerajinan-kerajinan berbahan dasar logam, bermunculan. Sebagian besar di antaranya menciptakan ornamen bermotif tumbuh-tumbuhan dengan modifikasi-modifikasi tertentu. Tetapi ciri khas utama samayaitu dikerjakan dengan cara manual atau mengandalkan keterampilan tangan.Awalnya, HS Silver 800-925 memproduksi perhiasan imitasi. Kemudian pada akhir 1953 hingga kini, industri keluarga ini bermetamorfosa dengan memproduksi kerajinan peraksehingga label HSSilver 800-925 disematkan pada tahun 1990-an

B.    Definisi Logam Tempa

Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas, serta mempunyai titik cair tinggi. Logam juga merupakan bahan yang dapat ditempa, mengkilat, magnetis, dan dapat dicampur secara homogen dalam berbagai kadar.
Proses penempaan atau forging adalah proses pembentukan logam untuk menghasilkan produk akhir dengan memberikan gaya tekan dengan laju pembebanan tertentu. Pada pembentukan ini, benda kerja di pukul atau ditekan dengan perkakas melalui beberapa tahapan.
Produk hasil tempa memiliki struktur serat/garis alir yang searah dengan kekuatan yang diharapkannya. Garis alir proses tempa cenderung mengikiuti pola bentuk luar benda tempanya. Pada umumnya proses tempa diaplikasikan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang tak beraturan, dengan ukuran mulai dari bentuk ukuran kecil sampai besar.
Operasi tempa pada umumnya dilakukan pada temperatur tinggi atau hot working, terutama untuk benda kerja ukuran besar. Sebagian operasi tempa dilakukan pada temperatur rendah atau cold working untuk benda kerja berukuran relatif kecil. Untuk dapat menjadi Produk akhir,  biasanya  pembentukan dengan forging dilakukan secara bertahap untuk proses finising selanjutnya sesuai dari keinginan pengguna untuk dijadikan apa logam tersebut. Salah satunya dalah tahap pembuatan perhiasan dari teknik penimpaan logam.

C.    Karakteristik Logam Tempa untuk Perhiasan

Secara umum logam mulia adalah logam yang memiliki nilai ekonomis dan mempunyai nilai karakteristik yang khusus dibandingkan dengan logam yang lain, hal ini yang menjadi daya tarik bagi pengoleksi perhiasan dari logam mulia. Kami akan membahas beberapa karakteristik dari logam-logam yang di gunakan pada proses pembuatan kerajinan perak di Pabrik HS Silver Kota Gede Yogyakarta.

1.      Perak (Ag)

Perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa LatinArgentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap. Perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak termasuk logam mulia seperti emas.Perak termasuk logam mulia karena tidak mengalami proses korosif, namun perak bisa mengalami proses oksidasi. Proses oksidasi pada perak mengakibatkan lapisan kehitaman pada permukaan perak yang biasa disebut "tarnish". Namun proses oksidasi ini tidak mengakibatkan kerusakan pada unsur tersebut, berbeda halnya dengan proses korosi pada logam besi (Fe). Untuk keperluan pengolahan menjadi perhiasan, perak biasanya dilapisi dengan unsur lain yang lebih tahan terhadap oksidasi seperti Rhodium. Dengan lapisan ini, perhiasan perak menjadi tahan oksidasi serta penampilannya lebih berkilau. Secara kimia fisik perak terspesifikasi sebagai berikut:
Warna                          : hitam pada bagian yang terkena cahaya, putih-perak
                                      padabagian yang tidak terkena cahaya, abu-abu
Kilap                           : logam (metallic)
Transparansi                : opak
Sistem kristal              : isometrik; 4/m  2/m
Pecahan                       : hackly (bergerigi)
Kekerasan                   : 2,5 – 3
Berat jenis                   : 9,6 – 12,0  (murni = 10,5; diatas rata-rata meskipun
untuk mineral
logam)
Cera                             :Putih-peraksampaiabu-abu terang
Asosiasi mineral          :mineral-mineral perak seperti acanthite
 dan prousite;cobaltite, copper, zeolites, dan quartz
Lokasi ditemukan       :Michigan dan Arizona, Cobalt, Ontario, USA, Chile,
 Indonesia dan Jerman
Morfologi kristal         :          
biasanya berupa gumpalan masif dan butiran yangtersebar, berkawat-kawat, berlapis, arborescent, sangatjarang sebagai kristalyang individual tetapi sekarang ini,biasanya berbentuk kubus, dodecahedrons, danoctahedrons, serta tipe pertumbuhan kristal “Jack Frost”menghasilkan stuktur intricateyang indah.
Karakteristik lain        :
lentur, dapat ditempa dan dapat disayat, artinyabahwa emas dapat ditempa menjadi bentuk-bentuk yang lain,dibentuk menjadi kawat dan dipotong menjadi irisan- irisan, merupakan mineral yang sangat resisten, tidak dapat larut pada sebagian besar larutan, tidak akanbereaksi terhadap oksigen atau air, kelemahannya yaitudapat bereaksi dengan sulfur dan sulfida yang  menjadikannya berkilau.

2.      Tembaga (Cu)

Tembagaadalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cudan nomor atom 29.Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum. Tembaga merupakan Konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepatsekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak,    dengan permukaan dan memiliki warna jingga kemerahan.  
Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.Logam ini dan aloinya (campuran) telah digunakan selama empat hari. Di era Roma, tembaga umumnya di tambang di Siprus,yang           juga asal dari nama logam ini (сyprium, logam Siprus), disingkat jadi сuprum).Ikatan dari logam ini biasanya dinamai dengan tembaga(II).Ion Tembaga(II) dapat berlarut ke dalam air, dimana fungsi mereka dalam konsentrasi tinggi adalah sebagai agen anti           bakteri,fungisi,danbahantambahankayu. Dalam konsentrasi tinggi maka tembaga akan bersifat racun, tapi dalam jumlah sedikit Tembaga merupakan nutrien yang penting bagi kehidupan manusia dan Tanaman tingkat rendah. Di dalam tubuh, tembaga biasanya ditemukan di bagianhati, otak, usus, jantung, danginjal
Fisik                              :
Sifat lunak tembaga dapat dijelaskan oleh konduktivitas listriknya yang tinggi (59,6×106 S/m) dan oleh karena itu juga mempunyai konduktivitas termal yang tinggi (keduatertinggi) di antara semua logam murni pada suhu kamar.Bersama dengan sesium dan emas  (keduanya berwarna kuning) dan osmium (kebiruan), tembaga adalah satu dari empat logam dengan warna asli selain abu-abu atau perak. Tembaga murni berwarna merah-oranye dan menjadi kemerahan bila kontak dengan udara
Kimia                          :
Tembaga tidak bereaksi dengan air, namun ia bereaksi perlahan dengan oksigen dari udara membentuk lapisan coklat-hitam tembaga oksida. Berbeda dengan oksidasi besi oleh udara, lapisan oksida ini kemudian menghentikan korosi berlanjut. Lapisan
verdigris (tembaga karbonat) berwarna hijau dapat dilihat pada konstruksi-konstruksi dari tembaga yang berusia tua, seperti pada Patung Liberty. Tembaga bereaksi dengan sulfida membentuk tembaga sulfida.

D.    Pembentukan Logam Aloy

Logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni yang hanya terdiri dari satu jenis atom, seperti besi (Fe) murni, tembaga (Cu) murni dan  logam paduan (metal alloy) yang terdiri dari dua atau lebih jenis atom dan merupakan campuran dari dua macam logam atau lebih yang dicampur satu sama lain dalam keadaan cair.
Logam paduan (metal alloy) sering digunakan sebagai pengganti logam murni karena pada logam paduan memiliki sifat yang dapat memberikan keuntungan dan kemudahan sebagai material pabrikasi seperti kekerasan pada logam paduan dapat ditingkatkan dari kekerasan logam asalnya, kekuatan tarik dapat diperbesar, daya pemuaian dapat dikurangkan, titik lebur dapat diturunkan atau dinaikkan dibanding logam-logam asalnya. Sifat-sifat tersebut itulah yang tidak dimiliki logam murni sehingga dapat tambahkan unsur logam lainnya untuk mengeluarkan kelebihan-kelebihan dari sifat-sifat tersebut.

E.    Pengolahan Logam Perak

Pengolahan Logam Perak yang dibahas adalah  pengolahan yang berdasarkan dari pengamatan kami pada saat observasi di Pabrik HS Silver Kota Gede Yogyakarta. Berikut adalah deskripsi singkat cara pengolahan logam perak :

1.      Alat dan Bahan yang Digunakan

            Deskripsi alat dan bahan yang digunakan pada pengolahan perak sebagai perhiasan. Sebelum perak atau tembaga diolah, terlebih dahulu mengetahui alat dan bahan yang digunakan. Alat dan bahan yang digunakan hanya gunting, pinset dan pilinan perak serta keramik. Gunting berfungsi untuk memotong pilinan perak tersebut,  pinset berfungsi sebagai pengatur kerapihan perak yang akan dimasukkan ke dalam design  perak misalnya cincin, serta keramik yang berfungsi sebagai alas untuk pembuatan perhiasan perak
a.       Tawas
Karena pembentuk koloid, maka sifat yang sangat penting pada tawas adalah adsorpsi. Tawas dapat mengadsorpsi kotoran, racun dan lainnya. Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu.
Tawas (Alum) merupakan salah satu senyawa kimia yang dibuat dari dari molekul air dan dua jenis garam, salah satunya biasanya Al2(SO4)3. Alum kalium, juga sering dikenal dengan alum, mempunyai rumus formula yaitu K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O. Alum kalium merupakan jenis alum yang paling penting. Alum kalium merupakan senyawa yang tidak berwarna dan mempunyai bentuk kristal oktahedral atau kubus ketika kalium sulfat dan aluminium sulfat keduanya dilarutkan dan didinginkan. Larutan alum kalium tersebut bersifat asam. Alum kalium sangat larut dalam air panas. Ketika kristalin alum kalium dipanaskan terjadi pemisahan secara kimia, dan sebagian garam yang terdehidrasi terlarut dalam air. Larutan tawas tersebut akan mengadsorpsi kotoran hasil pembakaran pada proses pematrian kerajinan perak, air  panas membuat proses  pembersihan lebih cepat karena suhu berpengaruh untuk mempercepat reaksi kimia.
b.      Buah Lerak
Buah lerak digunakan sebagai pengganti sabun untuk mencuci perak karena mengandung zat saponin untuk proses penyadahan air dan membasuh kotoran yang melekat pada perhiasan perak. Dan juga lerak memiliki pH basa lemah sehingga meminimalisisr tejadinya kontak reaksi yang mengakibatkan korosinya logam yang dicuci menggunakan buah lerak.
c.       Boraks
Boraks digunakan sebagai pembersih logam dari kotoran yang menempel di permukaan logam perak  (dalam bentuk senyawa hidrokarbon dan juga sulfur), selain hal itu boraks adalah katalis pembentukan logam dengan proses malting.

2.      Tahapan-tahapan Pembuatan

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam pembuatan perhiasan dari logam perak berdasarkan jenis pembuatannya secara pembakaran dan penyolderan, meskipun dari secara prosedural inti dari pembuatan perhiasan dari logam perak adalah proses malting pembentukan logam perak dengan pengaloyan sehingga logam perak tidak terlalu lunak. Kemudian selanjutnya teknik pembentukan desain awal (rangka) sesuai perhiasan yang diinginkan  contohnya saja bentuk cincin dan juga hati. setelah rangka perhiasan jadi tahap berikutnya adalah pengaitan benang-benang tembaga satu persatu yang dilakukan secara manual oleh pengrajin membentuk desain dalam sesuai yang diinginkan.

                                                              i.      Deskripsi Pengolahan Perak dengan Teknik Bakar

Kerajinan perak bakar ini,dibutuhkan tenaga dan agak 'berbahaya',misalnya,dengan pinset yang detail, dengansolder atau api untuk membakarnya atau dengan palu untuk menempanya. Dimulai dengan perancangan desain perhiasannya (seperti arsitektur). Didesain di kertas dengan memakai pensil dengan ukuran yang diinginkan,dilanjutkan dengan memindahkan desain padacetakan dan penempaan. Lempengan perak atau benang perak (tergantung desain).Benang perakyang sedang diulung untuk membuat detail desain ini. Satu demi satusesuai desain,dilakukanpemotongan dengan menggunakan gunting atau pinset jika terlalu kecil. Setelah disusun sesuai desain, lalu mulai dibakar. Sebelum dibakar, untuk ‘lem’nya adalah ‘bubuk perak’ .Setelah disolder atau dibakar dengan api, masing-masing ikatan menjadi kuat. Pengerjaannya satu demi satu. Selanjutnya proses menempa, tergantung dari desainnya. Biasanya proses menempa untuk hiasan-hiasandinding yang lebih tebal dan besar, atau peralatan rumah tangga. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pembersihan dengan menggunakan ‘lerak’, semacam buah seperti ‘kluwek’ yang juga bisa untuk mencuci batik. ‘Lerak’ ini tidak berbau dan berbusa. Jika mendesain dengan memakai ‘anyaman’ benang perak, perhiasan perak bakar ini akan lebih memukau, karena sangat detail dengan anyaman benang-benang kecil dan tipis berlapis perak.

                                                           ii.      Deskripsi Pengolahan Perak dengan Teknik Filigri

Bahan baku kerajinan perak HS Silver Kota Gede ada 2 yaitu lembaran perak yang biasa disebut Gilapan dan benang-benang perak yang biasanya disebut Trap atau Filigran. Dalam setiap proses pembuatannya, ternyata tidak sepenuhnya berbahan dasar perak murni melainkan ada pencampuran dengan tembaga. Seratus persen perak dicampur dengan tembaga 7,5%. Sebab kalau perak murni terlalu lembek dan kurang kuat untuk dijadikan barang kerajinan, oleh karenanya dicampur tembaga sebagai pengerasnya.
Untuk mendapatkan bahan baku perak, HS Silver mendapatkannya dari pemasok bahan perak di Cikotok-Jawa Barat. Perak bersifat sangat lunak, jika terlalu lunak kerajinan akan cepat rusak. Oleh karena untuk dibuat sebuah kerajinan perlu dicampurkan dengan logam lain seperti tembaga. Untuk membuat kerajinan, bahan baku perak kadarnya 92,5% kemudian dicampur dengan 7,5% tembaga yang dileburkan di atas tungku api dengan suhu 1000. Jika pada emas kadar yang paling tinggi adalah 24 karat, maka pada perak adalah 925.
Leburan perak dan tembaga ini kemudian dicetak menjadi perak batangan. Perak batangan besar ini  (solid silver) digunakan untuk pembuatan kerajinan yang cukup besar seperti sendok, piring dan teko, yang jika membutuhkan ukiran digunakan palu dan paku untuk memahatnya. Sedangkan untuk membuat kerajinan yang lebih kecil, perak batangan tersebut harus dipilin terlebih dahulu oleh alat pilin menjadi benang perak (filigree). Contonya adalah untuk membuat sebuah bros. Terlebih dahulu kawat dari benang  perak yang lebih tebal digunakan sebagai pola di sebelah luar, yang ditempel di kertas dan dilem menggunakan lem biasa. Kemudian dekorasi atau motif dari pola tersebut diisi dengan benang-benang perak yang lebih tipis dengan cara digulung-gulung dengan pinset sesuai dengan yang diinginkan lalu digunting dan dimasukkan ke dalam pola tersebut, satu persatu menggunakan tangan.Setelah semua pola terisi, kerajinan perak berupa bros tersebut belum merekat dengan baik, sehingga proses selanjutnya adalah pematrian (soldering) yaitu menggunakan serbuk perak dan boraks yang di las. Pematrian ini membuat perak menjadi hangus tetapi bukan mengalami korosi karena perak termasuk logam mulia sehingga tidak mengalami proses korosif namun perak bisa mengalami proses oksidasi tetapi tidak mengakibatkan kerusakan pada perak, sehingga perak tersebut masih dapat dibersihkan yaitu melalui perebusan menggunakan air tawas. Fungsi tawas sendiri yaitu untuk menjernihkan warna kusam yang menempel pada perak atau tembaga. Selanjutnya  untuk membuat perak lebih mengkilap kerajinan perak tersebut dicuci menggunakan buah lerak yang merupakan sabun tradisional. Lamanya pembuatan barang kerajinan perak ini tergantung pada tingkat kerumitan pembuatannya. Misalnya bros yang relatif kecil tentu saja berbeda dengan miniatur becak misalnya. Bros yang sederhana desainnya lebih cepat proses pembuatannya daripada miniatur becak yang bisa mencapai seminggu

F.     Pewarnaan Logam

Pernahkah kita melihat  perhiasan perak dengan efek warna yang berbeda tidak seperti biasanya. Pada saat observasi dari hasil perhiasaan di pamerkan dalam  gallery di Pabrik HS Silver terdapat salah satu cindera mata berbentuk piringan besar bemotif timbul kaligrafi namun warna yang di tawarkan bukan warna perak putih mengkilap seperti biasanya, tetapi berbackground warna hitam pekat . Hal ini disebabkan salah satu teknik pengolahan menggunakan teknik anodizing.
ANODIZING adalah salah satu tekhnik pewarnaan logam, Anodizing pada perak adalah proses pelapisan dengan zat pewarna. Pengertian secara kimia adalah proses elektrolisa menggunakan larutan elektrolit sebagai penghubung antara katoda dan anoda. Perak dipasang pada kutub positif (anoda) sehingga permukaannya mengalami reaksi oksidasi dan terbentuk suatu lapisan oksida dalam bentuk argenit pada permukaan benda tersebut, sehingga akan menjadi lapisan pelindung yang sekaligus berfungsi sebagai dekoratif. Proses penganodaan ini tidak hanya dapat dilakukan pada logam Aluminium, tetapi juga pada logam lain seperti Magnesium, Tembaga, Cadmium, Perak, Titanium dan sebagainya.
Secara alami, anodizing akan mengubah permukaan perak menjadi perak oksida yang akan menjadi sebuah selaput tipis yang disebut pori-pori. Anodizing dapat dilakukan berulang-ulang. Hal ini menyebabkan perak menjadi lapisan oksida kokoh dan dapat meningkatkan daya tahan abrasi. Proses Anodizing juga dapat mengubah dan memperbaiki tampilan perak. Dengan menggunakan bahan pewarna dan prosedur khusus, Anodizing akan meningkatkan daya tahan korosi.
Proses Anodizing perak berbeda dengan proses pelapisan logam (electro plating). Pada proses Anodizing benda dipasang pada kutub positif (anoda), sedangkan pada proses electroplating benda dipasang pada kutub negatif (katoda). Sehingga proses yang terjadi pun akan berbeda. Pada anodizing terjadi proses oksidasi, benda dioksidasikan dengan aliran listrik sehingga benda akan terkikis dan terbentuk oksida logam yang dimasuki oleh zat warna. Sedangkan pada proses electroplating proses yang terjadi adalah proses reduksi. Garam – garam pada larutan elektrolit tereduksi di katode menjadi logam bebas yang melapisi benda tersebut.
Biasanya oksidasi anodik menggunakan elektrolit asam sulfat, karena selain murah mudah untuk dikontrol, dan hasil pelapisannya mempunyai sifat astetik dan fungsional yang luas. Proses anodisasi dilakukan pada suhu 21°C, rapat arus 130 – 260 A/m2 dan tegangan antara 12 – 22 V. Larutan elektrolit lain yang digunakan dalam oksida anoda (Asam kromat, Asam fosfat, Asam oksalat, Asam sulfonat, Asam borak). Dalam anodizing ini terjadi proses – proses utama yaitu proses pratreatment, anodizing, pencelupan ada zat warna dan sealing (penutupan pori-pori).
Proses pratreatment pada proses ini terjadi proses penghilangan kotoran dan debu kemudian proses pengkilatan logam dengan chemical polish dan yang terakhir adalah proses penghilangan lemak yang menempel pada logam. Proses Anodizing pada proses ini terjadi reaksi oksidasi logam pada katoda dengan larutan elektrolit dan aliran listrik yang menghasilkan oksida logm yang memiliki pori – pori yang lebih besar.
Proses Pencelupan zat warna pada proses ini logam hasil anodizing di celupkan dalam larutan zat warna. Dan terakhir proses sealing pada proses ini pori – pori yang terbentuk pada proses anoding di tutup kembali agar zat warna tersekap dalam pori – pori. Istilah sealing secara umum sebagai penjaga agar bahan atau pengaruh fisis tidak masuk untuk mempengaruhi lapisan anodik. Sealing dilakukan dengan menggunakan air yang panas yang menyebabkan hidrasi dari lapisan anodik. Diharapkan sealant terserap oleh lapisan anodik. Jika lapisan anodik dimasukkan dalam air murni pada suhu tinggi. Air bereaksi dengan Argentum oksida membentuk boehmite :
Ag2O3 + H2O       →              2AgOOH
Sealnat yang luas digunakan ada1ah air murni atau air distilasi yang rendah kandungan padatan dan bebas dari fosfat, rilikat, fluorit, dan klorit. Suhu yang digunakan untuk sealing 90°-100° C  .Anodisasi keras pada umumnya dilakukan pada temperature rendah (<5oC) dengan tujuan menumbuhkan oksida pada permukaan perak dengan sifat yang lebih padat, lebih tebal dan lebih seragam, sehingga permukaan yang dihasilkan lebih keras. Asam oksalat dipergunakan sebagai elektrolit karena tidak mengoksidasi benda kerja seagresif asam sulfat, sehingga pelarutan kembali oksida yang sudah terbentuk dapat dijaga sesedikit mungkin.

G.   Perawatan Logam Perak

Perak merupakan barang berharga yang perlu dijaga penampilannya agar tidak turun nilai. Artikel ini memberi panduan membersihkan perak dan perhiasan perak. Memakai pasta gigi merupakan cara yang cepat dan mudah untuk memoles perak. Pilihlah pasta gigi biasa yang tidak mengandung bahan-bahan khusus karena bahan-bahan tersebut bisa jadi bereaksi terlalu keras. Cara membersihkan perhiasan perak penting diketahui karena bahannya mudah pudar, terutama kalau disimpan terlalu lama. Anda mungkin ragu-ragu membersihkan perangkat perak karena khawatir menggores permukaannya, tetapi sebenarnya sangat mudah untuk menjaga kilau perak agar selalu tampak seperti baru. Produk siap pakai yang dijual di toko tentu sangat efektif untuk membersihkan perak, jadi penggunaannya sangat direkomendasikan. Pada umumnya, Anda dapat membeli pemoles perak dan beberapa perlengkapan tambahan dari toko perhiasan untuk memudahkan pekerjaan Anda. Salah satu perlengkapan yang Anda perlukan adalah kain khusus untuk membersihkan perhiasan atau kapas berkualitas. Gunakan perlengkapan yang Anda yakin tidak akan merusak perkakas perak Anda. Selain itu, selalu tes produk yang akan digunakan di area yang kecil dan tidak terlalu terlihat guna memastikan tidak akan terjadi kerusakan. Bahan alami merupakan pilihan yang ampuh untuk mencuci perak. Tidak hanya itu, bahan alami juga lembut pada permukaan logam dan berharga terjangkau. Anda bisa menggunakannya dengan kain khusus untuk membersihkan perak. Sekali lagi, pada saat mencoba produk baru, tes terlebih dulu untuk memastikan produk tersebut tidak akan merusak perangkat atau perhiasan perak Anda. Berikut ini beberapa cara mencuci perak memanfaatkan bahan-bahan yang dapat Anda temukan di rumah:
Pasta gigi. Beberapa orang telah menguji efektivitas pasta gigi biasa untuk membersihkan perak. Gunakan secukupnya, lalu bilas dengan air hangat. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi dengan komposisi bahan-bahan yang lembut. Pasta gigi yang mengandung zat pemutih bersifat terlalu keras untuk perak. Bubuk soda kue. Campur sedikit bubuk soda kue dan air secukupnya hingga Anda memperoleh krim yang kental. Oleskan campuran ini pada perak, lalu bilas dengan air hangat.
Garam. Campuran bubuk soda kue, air, dan garam bisa dipakai untuk membuat larutan pembasuh peralatan perak. Rendam perkakas perak di dalam larutan tersebut untuk mendapatkan hasil peralatan perak yang cemerlang. Dengan campuran ini, perkakas perak cukup direndam dan tidak perlu digosok sehingga cocok sebagai cara membersihkan cincin perak atau perhiasan-perhiasan kecil yang rumit.
Menyimpan perkakas berbahan perak dalam jangka panjang justru membuatnya cepat pudar—sering-seringlah memakainya Anda dapat membuat larutan khusus untuk membasuh peralatan perak dengan cara mencampur garam, bubuk soda kue, dan air Selalu keringkan perak dengan handuk bersih dan berserat halus agar tidak menggores permukaannya, beberapa teknik khusus berikut ini bermanfaat bagi Anda yang awam dalam hal perawatan benda-benda berbahan perak guna menghasilkan tampilan akhir yang lebih indah: Pada saat memoles perak menggunakan kain khusus, lakukan dengan gerakan maju mundur dan dalam garis lurus. Begitu selesai, ulangi dengan gerakan yang lebih cepat dan pendek-pendek. Pada saat menggunakan bubuk soda kue dan garam untuk membuat larutan pembasuh perak, ikuti langkah-langkah ini: jika Anda memakai wadah berbahan logam, alasi bagian dalamnya dengan kertas aluminium, masukkan perkakas perak ke dalamnya, isi dengan air, lalu tambahkan bahan-bahan lain. Selanjutnya, buang larutannya dan keringkan peralatan perak. Selalu keringkan perak menggunakan handuk kering dan berbulu lembut. Handuk berbulu kasar dapat menggores permukaan perak.
Berikut ini beberapa tips praktis membersihkan perak sekaligus mempertahankan kilaunya: Sering-sering pakai peralatan perak Anda dan poles secara teratur. Perak tidak baik disimpan dan tidak digunakan terlalu lama, jadi keluarkan dari tempat penyimpanannya. Kalau Anda tidak ada pilihan lain dan harus menyimpan peralatan perak, lapisi perkakas perak dengan minyak zaitun sebelum menyimpannya. Hal ini dapat mencegah warnanya pudar atau menjadi kusam. Ketika mencuci peralatan makan berbahan perak, pisahkan dari peralatan makan yang lain dan gunakan ember plastik. Jangan mencucinya di wastafel yang terbuat dari logam karena beresiko menggores permukaan perak. Selain emas, perak juga banyak digemari. Perak termasuk jenis perhiasan yang mudah terlihat kusam. Untuk lebih amannya, lebih baik Anda menyimpan perhiasan perak di kotak yang kedap udara. Gunakan pasta gigi atau cairan khusus pembersih perak untuk menghilangkan kesan kusam pada perak. Lakukan pembersihan setiap 1 sampai 2 minggu sekali.
Masalah umum perhiasan emas dan perak disebabkan oleh:
1.      Emas dan perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya nggak ada selain sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Sedangkan emas agak sulit menjadi kusam namun lama-lama akan kusam juga.
2.      Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan ini biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau ‘hand made’ susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
3.      Kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
4.      Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Perak dan emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.
5.       Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas atau perak jadi hitam.
6.      Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.
7.      Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.
Cara merawat yang salah:
1.      Sering terlihat orang menggodok emas atau perak. Cara ini sebenarnya bagi yang sudah tahu. Karena ada jenis permata yang tidak kuat dengan suhu panas yang menyebabkan warna permata malah pudar. Tidak lagi cling.
2.      Menggodok menggunakan panci aluminium bisa menyebabkan pewarna hitam atau disebut oxid yang biasanya sengaja dipakai malah hilang. Tetapi kalau memang mau menghilangkan obat hitam ini bisa ditambahkan sedikit garam maka pewarna hitam pada perak akan hilang. Reaksi garam dan aluminium yang mengikat oxidasi.
3.      Menggodok menggunakan asam jangan kalau ada permata. Asam adalah bahan yang abrassive yang bisa menyebabkan lapisan kilap permata menjadi buram. Terutama terjadi pada permata soft seperti Amber. Juga bisa menyebabkan inclusion (semacam partikel yang berada dalam satu permata mungkin menjadi berubah warna). Biasanya kalau imitasi ia akan cepat berubah warna.
Cara-cara ini sangat umum. Jangan gunakan untuk emas putih dan berlian. Juga untuk emas sepuhan karena sepuhan bisa hilang. Lebih baik tanyakan cara membersihkan perhiasan anda ke tempat anda membeli agar lebih aman.

H.   Pengolahan Limbah

Dalam sistem periodik unsur, perak terletak pada golongan IB dan periode 5. Unsur tersebut bernomor atom 47 dan memiliki massa atom 107.870 g/mol termasuk logam yang berkarakter fisik keras dan unik di antara logam-logam lainnya. Perak memiliki titik leleh 961.93 ˚C dan titik didih 2212 ˚C. Perak berada dalam keadaan terikat sebagai Ag2S (argentit), AgCl, dan dalam bijih tembaga-nikel. Unsur bersifat logam transisi ini berwarna putih mengkilap, dapat ditempa, sedikit lebih keras dari emas, konduktivitasnya paling tinggi diantara semua logam, tahan terhadap udara murni dan air, tetapi tidak tahan terhadap udara yang mengandung belerang (timbul bercak hitam, menjadi kusam), dan kurang reaktif dibandingkan dengan tembaga.
Dalam larutan asam nitrat lebih pekat atau dalam asam sulfat pekat panas melarut, dengan reaksi sebagai berikut:
Ag(s) + 2HNO3(l) AgNO3 (l) + NO2 (g) + H2O2AgO(aq)+ (aq) + SO42-(aq) Ag2SO4
Beberapa penelitian berkaitan dengan sifat Ag, di antaranya Meng et al. (2004), melaporkan bahwa tiosulfat menunjukkan potensi yang besar dalam recovery perak dari limbahnya. Senyawa perak halida sangat peka terhadap cahaya. Perak halida akan tereduksi menjadi perak dan gas hidrogen saat disinari oleh gelombang ultraviolet, misalnya sinar matahari. Perak klorida berwarna putih kapur dan garam yang tidak larut dalam air.
Perak telah lama digunakan dalam dunia fotografi karena disebabkan kepekaannya terhadap sinar ultraviolet. Di samping fotografi, perak juga digunakan pada industri percetakan sebagai bahan peka. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kreativitas manusia, perak saat ini telahdimanfaatkan dalam banyak bidang, antara lain peralatan rumah tangga, medali, serta asesoris seperti jam tangan, bros maupun hiasan pada kerudung, pada plastik master, dan dunia kedokteran (bahan untuk ronsen).
Pengambilan perak dari limbah cuci cetak dapat dilakukan dengan metode membran cair berpendukung (SLM), sebagai membran pendukung digunakan polytetrafluoroethylen (PTFE) yang direndam selama 2 jam dalam senyawa pembawa asam Bis(2-etil heksil)fosfat (D2EHPA) 1 M dengan pelarut kerosen dan dilakukan pengadukan selama 6 jam. Untuk mengetahui kondisi optimum dalam recovery perak dilakukan variasi pH larutan umpan 1, 1.5, 2, 2.5, 3, 3.5, 4, larutan penerima HCl, HCl-EDTA, HNO3, HNO3-EDTA, H3PO4, H3PO4.
Berbagai teknik pengambilan perak telah dilakukan untuk digunakan kembali ke dalam proses oksidasi elektrokimia dengan tujuan penggunaan secara optimum, ekonomis dan mereduksi perak yang dibuang ke lingkungan. Beberapa teknologi pertukaran ion juga digunakan untuk memperoleh kembali perak terutama dari fotografi bilas air. Senyawa pemulihan perak yang terdiri atas pertukaran anion basa kuat. Oleh karena itu, presipitasi dapat digunakan untuk memisahkan perak dari limbah. Kondisi optimum untuk proses pengambilan perak darI limbah fotografi yaitu pH larutan umpan 2.5 dengan larutan penerima HCl. Sedangkan pada variasi larutan penerima diperoleh hasil optimum pada larutan penerima EDTA-HCl dan pada variasi konsentrasi limbah fotografi, konsentrasi paling encer memberikan hasil optimum dalam proses pengambilan perak dari limbah fotografi.
Proses untuk menemukan perak dengan pengapungan dari sisa ekstrak basah seng telah berhasil menghasilkan perak lebih dari 89.5%. Teknologi lain yang memberi harapan untuk memperoleh perak adalah berdasarkan proses biologi. Proses untuk memperoleh Ag biasanya elektrolisis, tidak mudah atau bahkan tidak mungkin untuk meramalkan produk-produk apa yang akan dihasilkan bila suatu arus listrik dilewatkan suatu larutan elektrolit. Di samping ion-ion yang berasal dari elektrolit itu, terdapat juga molekul air dan ion-ion air (H+ dan OH-). Untuk mempersempit daftar variabel bisa dipilih elektroda lamban, dimana ion logam lebih mudah direduksi daripada ion H) yang dapat berperan serta dalam reaksi elektrokimia. Produk elektroda yang diperoleh dari larutan pekat seringkali berbeda dari yang diperoleh dari larutan encer.







BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Berdasarkan data hasilpembahasanmaka dapat diperoleh kesimpulan diantaranya sebagai berikut: 
1.      Perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa LatinArgentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap.
2.      Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.
3.      Alat dan bahan yang dugunakan pada proses pengolahan perak sebagai perhiasan yaitu gunting, pinset, dan pilinan perak atau tembaga.
4.      HS Silver adalah pabrik pengolahan perhiasan dari perak yang terletak di daerah Kota Gede Yogyakarta. HS singkatan dari nama pemiliknya yaitu Harto Soehardjo.
5.      Logam dibagi menjadi dua yaitu logam murni yang hanya terdiri dari satu jenis atom, seperti besi (Fe) murni, tembaga (Cu) murni dan  logam paduan (metal alloy).
6.      Jenis pengolahan logam perak dengan teknik filigri atau pengisian motif, diantaranya adalah tahap pembuatan design perhiasan dari benang tembaga, tahap soldering, tahap penghalusan pada permukaan logam, dan tahap electroplating untuk penguatan warna perak yang lebih mengkilap.
7.      Jenis pengolahan logam perak dengan teknik pembakaran, adalah sama pada proses sebelum pembuatan batangan perak yakni meleburkan powder perak (senyawa argenat) AgO2 ditambahkan dengan boraks kemudian dilebur sampai mencair pada suhu kisaran 961,8 0C, kemudian dimasukan dalam cetakan dan di pres menggunakan besi bersamaan dengan ditempa, kemudian didinginkan secara kejut kedalam minyak kelapa. Proses ini disebut dengan proses pembuatan logam perak secara melting.
8.      Pewarnaan pada logam menggunakan teknik anodizing. Secara kimia adalah proses elektrolisa menggunakan larutan elektrolit sebagai penghubung antara katoda dan anoda. Perak dipasang pada kutub positif (anoda) sehingga permukaannya mengalami reaksi oksidasi dan terbentuk suatu lapisan oksida dalam bentuk argenit pada permukaan benda tersebut, sehingga akan menjadi lapisan pelindung yang sekaligus berfungsi sebagai dekoratif.
9.      Perawatan logam perak dalam bentuk perhiasaan bisa menggunakan sabun lerak sebagi pembersih kotoran yang menempel pada permukaan logam atau dengan proses perebusan menggunakan air suling, atau mengcover dengan lapisan kaca seperti aquarium agar tercover dari udara yang mengandung sulfur yang dapat mengotori permukaan logam perak seperti yang teramati pada gallery HS Silver, yang menempatkan hasil kerajinannya di dalam etalase atau kaca kedap udara.
10.  Pengoalahan limbah di lakukan dengan mengikuti intruksi Standarisasi dari AMDAL ( Analisis dampak Lingkungan) dengan parameter-parameternya.
















B.    Daftar Pustaka

Amanto, Hari, dan Daryanto. 1999. Ilmu Bahan Cetakan Kedua. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Amstead, dkk. 1993. Teknologi Mekanik Jilid II. Erlangga. Jakarta.
Anonim.1993. ASM Handbook Volume 1: Properties and Selection: Irons, Steels, and   High-Performance Alloys. ASM International.
Kurniawan, Dhadhang W., dan Sulaiman, Teuku N.S., 2012, Teknologi Sediaan Farmasi, Laboratorium Farmasetika UNSOED, Purwokerto.





C.    Lampiran


Text Box: Gunting dan pinset Text Box: Pilinan perak dan design Text Box: Perhiasan perak sendok dan garpu
 


Text Box: Perhiasan perak berupa gelang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengamatan Tanaman sri rezeki

Pengamatan Tanaman Mahoni

makalah struktur atom II